Informasi Pengetahuan Yang Perlu Kamu Tahu!

Ketika Reaktor Nuklir Chernobyl Meledak

Ketika Reaktor Nuklir Chernobyl Meledak - Pada tanggal 26  April 1986, salah satu mimpi terburuk dunia menjadi kenyataan. Semenjak dunia mulai mengunakan energi nuklir, orang takut bila terjadi malapetaka mengerikan di pusat pembangkit listrik tenaga nuklir. Pembangkit listrik tenaga nuklir menyediakan tenaga yang relatif murah dan kalau digunakan dengan tepat, tidak membahayakan lingkungan. Tetapi jika bocor dari pembangkit listrik tenaga nuklir, bahan-bahan radioaktifnya dapat menyebabkan kerusakan, meracuni tanah, serta membunuh manusia dan hewan.

Ketika Reaktor Nuklir Chernobyl Meledak

Serangkaian kesalahan terjadi selama percobaan pada tahun 1986 di Chernobyl, sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir di Ukraina. Lesalahan tersebut dengan cepat menyebabkan tiga ledakan di pusat pembangkit listrik tenaga nuklir tersebut. Tiga puluh satu orang tewas seketika, tetapi hal yang lebih buruk menyusul. Setiap orang yang tinggal dalam radius 30 km dievakuasi karena takut adanya racun radioaktif yang bocor. Tetapi zat-zat radioaktifnya naik akibat tertiup angin dan menyebar di wilayah yang luas. Di Eropa dan bekas Uni Soviet, orang, hewan, dan tanaman pangan terkena dampaknya.

Ketika Reaktor Nuklir Chernobyl Meledak
Dampak Radioaktif

Radioaktif/Radioaktivitas disebabkan oleh atom-atom yang memecah dan merupakan salah satu dari pembuatan energi nuklir. Meskipun tidak kasat mata, zat radioaktif dalam julah yang sangat sedikitpun dapat membahayakan makhluk hidup. Setelah bencana Chernobyl, penduduk setempat diperiksa untuk mengetahui ada tidaknya radiasi, yang dapat menyebabkan kanker dan penyakit lain. pada tanggal 16 Desember 2000, reaktor nuklir di Chernobyl akhirnya ditutup. meskipun tidak lagi dijalankan, pembangkit listrik tenaga nuklir tersebut masih dikelilingi oleh ratusan kilometer tanah yang teracuni, yang ditinggali oleh jutaan orang!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ketika Reaktor Nuklir Chernobyl Meledak

0 comments:

Post a Comment