Informasi Pengetahuan Yang Perlu Kamu Tahu!

Fakta Tentang Burung Yang Perlu Kamu Ketahui

Fakta Tentang Burung Yang Perlu Kamu Ketahui - Burung adalah vertebrata yang memiliki bulu untuk terbang, sebagai pengatur temperatur tubuhnya, sebagai alat penyamaran maupun sebagai pemikat lawan jenisnya. Umumnya burung yang kita ketahui adalah hewan yang dapat terbang dengan kepakan sayapnya dan bernyanyi dengan suara yang merdu, namun tahukah kalian bahwa selain itu burung juga memiliki kehebatan dan keunikan lain yang tersembunyi, apakah itu? Yuk kita simak ulasannya dibawah ini.


Burung

Kalau kita perhatikan, sepertinya burung tidak pernah salah arah jalan. Buktinya, setiap tahun burung-burung berimigrasi selalu melewati jalur yang sama, dan menuju ke tempat yang sama pula. Semula, para ahli mengira bahwa burung mengenal karakteristik daratan dibawahnya, sehingga mereka dapat menemukan daerah tujuan tanpa tersesat. Tapi belakangan in, berbagai peelitian membuktikan bahwa teori itu tidak benar.
Penelitian berikutya, barulah didapat kesimpulan. Ada beberapa spesies burung yang memiliki sistem penerima magnetik yang membantu para burung menentukan arah dengan merasakan perubahan medan magnetik bumi selama migrasi. 

Sekawanan Burung

Burung dapat menentukanwaktu kapan mereka akan berimigrasi melalui musim yang tengah berlangsung. Dengan kepandaiannya membaca musim itulah burung-burung bisa menentukan kapan waktu yang tepat bagi mereka untuk berimigrasi. Ada beberapa spesies yang berangkat berimigrasi dalam jumlah besar, dai tempat yang sama. Namun ada beberapa spesies juga yang berimigrasi dari tempat yang berbeda.

Tentu saja burung memerlukan energi untuk terbang. Apalagi kalau sampai melintasi samudra, seperti burung kolbiri yang beratnya hanya beberapa gram. Kolbiri dapat menempuh jarak sejauh 3000 km dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam. Hebatnya, burung tersebut dapat tetap berada di udara selama 36 jam tanpa henti.

Kolbiri

Sebenarnya, kalau terbang sangat cepat, burung dapat pingsan karena suhu tubuh mereka meningkat serta jumlah asam garam dalam darah yang bertambah secara berlebihan. Jika burung-burung itu terbang melintasi samudra yang sangat luas, mereka beristirahat dengan cara mengembangkan sayap selebar-lebarnya dan tetap dalam posisi terbang. Dengan cara seperti itu, sehu tubuhnya akan turun perlahan-lahan.
Burung-burung yang biasa nelakukan imigrasi juga memiliki sistem metabolisme tubuh yang kuat. Fungsinya agar dapat melakukan aktifitas yang berat, seperti mengarungi angkasa dan luas ini. Jadi, tidak mengherankan kalau sistem metabolisme tubuh burung kolbiri yang kecil, dua puluh kali lebih kuat dari metabolisme gajah.

Agar dapat melakukan penerbangan yang berat, burung mampu memanfaatkan angin untuk membantu penerbangannya. Sebagai contoh, burung bangau terbang mengikuti arus udara panas. Ia kemudian meluncur dengan cepat menuju arus udara panas berikutnya, tanpa harus mengepakkan sayap. Irit tenaga bukan?
Burung Formasi V

Cara lainnya yang biasa digunakan oleh sekelompok burung adalah membentuk formasi “V”. Burung yang besar dan kuat berada paling depan untuk melindungi burung-burung lain di belakangnya. Formasi ini ampuh untuk melawan arus udara, juga sebagai pembuka jalan bag burung-burung yang lebih kecil dan lemah.

Beberapa jenis burung, seperti angsa, berimigrasi di langit yang sangat tinggi. Ia dapat terbang di ketinggian 8000 meter. Padahal pada ketinggian 5000 meter, kerapatan atmosfer sudah berkurang 63 persen dibanding pada permukaan laut. Itu berarti persediaan oksigen di udara juga berkurang. Terbang pada lokasi yang atmosfernya sangat tipis, burung-burung harus mengepakkan sayap lebih cepat lagi. Artinya, burung-burung tersebut memerlukan oksigen yang lebih banyak pula. Untuk keperluan tersebut, paru-paru burung telah tercipta untuk dapat memanfaatkan oksigenyang tersedia di ketinggian tersebut. Paru-pau burung dapat membantu mereka untuk mendapatkan energi yang lebih besar, meskipun oksigen hanya sedikit.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Fakta Tentang Burung Yang Perlu Kamu Ketahui

0 comments:

Post a Comment